Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Kelompok Jagoan Super Marvel dan DC


Grup dari superhero belakangan ini sangat digemari oleh kalangan muda, anak-anak sampai orang dewasa. kita sebut saja dua yang paling terkenal yaitu The Avenger dan Justice League. kedua kelompok superhero ini berasal dari dua publiser komik raksasa dari negeri paman sam.

Marvel dan DC comic. keduanya terus bersaing dari dulu hingga saat ini membuat komik-komik tentang superhero. tapi disini tidak membahas sejarah mereka, tapi membahas sejarah kelompok superhero saja. sesuai dengan judul ” Grup Superhero Marvel Dan DC ” ini.

MARVEL

The Inhuman


Jutaan tahun yang lalu terjadi perang antara bangsa Kree dengan bangsa Skrull. Pada masa perang tersebut bangsa Kree mencari tempat yang strategis untuk mendirikan sebuah stasiun dan pada akhirnya ditemukan sebuah planet yang cocok yaitu planet URANUS, planet yang sangat strategis karena planet Uranus sangat dekat dengan kerajaan Skrull.

Setelah melakukan banyak pekerjaan di stasiun tersebut mereka menemukan planet dengan makhluk hidup yang memiliki potensi genetik ialah BUMI. Karena rasa penasaran yang sangat tinggi, bangsa Kree'pun mulai bereksperimen terhadap manusia primitif yang hidup di Bumi mereka ingin menghasilkan ras manusiawi genetik yang canggih yang akan mereka jadikan sebagai tentara untuk melawan bangsa Skrull.

Usaha mereka tidaklah sia-sia, mereka berhasil membuat manusia genetik dengan kekuatan yang wah. Tetapi entah mengapa bangsa Kree malah menelantarkan kelinci percobaan mereka. Lalu, subjek tes mereka yang disebut "INHUMANS" mencoba untuk bertahan hidup dan membuat masyarakat mereka sendiri melalui percobaan yang disebut dengan project TERRIGENESIS, dimana mereka harus terpapar dengan kabut terrigen tersebut.

Berhasil, mereka mendapatkan kekuatan yang luar biasa dari percobaan tersebut, tetapi dampak dari percobaan tersebut membuat mereka menjadi cacat dan mengakibatkan kerusakan genetik yang permanen. Maka karena itu project ini harus dilakukan dengan melewati beberapa seleksi, hanya yang terpilih gan yang bisa melalui project ini. Mereka lalu berkembang menjadi sebuah ras dan membentuk kerajaan dengan rajanya yang bernama Blakagar Boltagon aka. Black Bolt.

The Guardian of Galaxy (1969)

Dari Kiri: Generasi 1969, Tim Modern
Mungkin kalian lebih kenal dengan tim modern yang digawangi oleh Star Lord, Gamora, Drax, Rocket Raccoon, dan Groot. apa lagi ditambah yang dijadikan film ke layar lebar adalah tim ini.

Tetapi sebenarnya tim ini sudah lama terbentuk dengan member yang berbeda. tim ini terbentuk 1969 oleh Major Vance Astro a.k.a. Major Victory seorang astronot dari abad ke-20 Bumi yang menghabiskan seribu tahun perjalanan ke Alpha Centauri. Kemudian ada Charlie-27 seorang prajurit dari Jupiter, Martinex kristal dari Pluto, dan guru Star lord Yondu dari Centauri-IV.
Generasi Pertama
Sekarang tim ini juga berubah kembali ada The Thing, Venom, dan Kitty Pride yang bergabung. Baca: Perubahan Dunia Marvel Setelah Secret Wars.

The Defenders, 1971


THE DEFENDER debut pada bulan desember 1971. biasanya kelompok ini menangani kasus-kasus yang berbau mistis dan supranatural. anggotanya ada tiga. yaitu Doctor Strange, Hulk, Namor/The Submariner.

Kelompok ini akan di buat serial tvnya oleh Marvel dan Netflix silahkan baca di Teaser Defenders, Luke Cage, dan Iron Fist Resmi Dirilis!

Saat ini anggota Defender yaitu,

  • Daredevil (Matthew Murdock)
  • Jessica Jones
  • Luke Cage
  • Iron Fist (Danny Rand)
  • Falcon (Sam Wilson)
  • Valkyrie (Samantha Parrington)
  • Misty Knight
  • Hellstorm
  • Krang
  • She-Hulk (Jennifer Walters)
  • Darkhawk
  • Hulk (Bruce Banner)
  • Silver Surfer
  • Hellcat (Patsy Walker)
  • Doctor Strange (Stephen Strange)

The Avengers, 1963


Ini dia grup superhero yang paling terkenal saat ini karena filmnya yang sangat sukses di pasaran. yaitu The Avenger dari Marvel. menurut wikipedia, debut pertama Avenger adalah tahun 1963 bulan september. dibuat oleh si empunya marvel Stan Lee dan temannya Jack Kirby. The Avenger dibuat karena terinsiprasi dari Justice League America (JLA) milik DC.

Dengan slogan Earth’s Mightiest Heroes, Avenger dibentuk oleh 5 superhero marvel yaitu


Captain America baru gabung di Issue #4 setelah mereka berhasil membangkitkannya dari tidur bekunya. Sekarang Captain America dipercaya sebagai ketua dari The Avenger.


X-Men, 1963

Masih di tahun dan tanggal yang sama dengan The Avenger. ada para mutan yang terkenal di dunia marvel. Dibuat oleh orang yang sama juga yaitu Stan Lee dan Jack Kirby. Para karakter dari X-Men pertama kali muncul di komik pertamanya mereka langsung. Yaitu The X-Men

Mereka adalah properti yang paling berharga bagi marvel.
X-Men ini kumpulan dari manusia dengan kekuatan superhuman atau lebih dikenal sebagai mutant. Anggotanya ada banyak banget. Tapi bintang utamanya adalah Profesor X, Cyclops, Iceman, Phoenix dan paling ikonik yaitu Wolverine.

X Men Angkatan pertama

Fantastic Four, 1961


Sekarang masuk ke lima besar di list Grup Superhero Marvel Dan DC ini. Ada kelompok superhero yang baru saja tayang filmnya bulan lalu, namanya adalah Fantastic Four (F4). F4 adalah grup superhero pertama yang dibuat oleh Stan Lee dan Jack Kirby.

Mereka adalah kelompok superhero yang punya kekuatan karena terpapar cahaya kosmik saat misi ke luar angkasa.

Anggotanya adalah Mister Fantastic, Invisible Woman, Human Torch dan The Thing

All-Winer Squad, 1947


All-Winner Squad adalah tim superhero fiksi di alam semesta Marvel Comics. Pertama kali muncul pada musim gugur tahun 1947. Anggotanya terdiri dari Captain America dan Bucky, Human Torch dan Toro, Sub-Mariner, the Whizzer dan Miss America. Sayangnya kelompok ini kurang laris dipasaran karena beredar pada masa transisi antara Golden Age dan Silver Age. Setelah itu Cuma muncul beberapa aja di dunia kontiniutasnya Marvel.

DC

Teen Titan, 1964

GenerasiPertama

Selanjutnya ada kelompok superhero anak muda dari DC. Teen Titan atau dikenal juga The Titan atau New Titan. pertama kali muncul di dunia perkomikan pada tahun 1964 bulan july di The Brave and the Bold #54 (1964). ini adalah kelomok superhero muda yang pertama kali dibuat.

Anggotanya pertamanya adalah Robin (Dick Grayson), Kid Flash (Wally West), Aqualad (Garth) namun seiring berjalannya waktu. membernya bertambah lagi. yaitu : Wonder Girl (Donna Troy), sama Speedy (Roy Harper), Sidekicknya Green Arrow ( Speedy mengantikan Aqualad ).

Doom Patrol, 1963


Kalian mungkin baru denger sama grup superhero ini. Namanya adalah Doom Patrol yang memulai debutnya 3 bulan lebih awal daripada X-Men. Yaitu pada bulan Juni 1963. Doom Patrol kalau boleh dibilang adalah X-Men nya DC.

Mereka kelompok orang-orang terpinggirkan yang mempunyai kekuatan di atas rata-rata manusia. Mereka mendedikasikan kekuatan mereka untuk melindungi orang-orang yang tidak menerima mereka. Anggotanya adalah The Chief (pemimpinnya), Elasti-Girl, Negative Man, Robotman, Mento dan Beast Boy.

Justice League, 1960


Grup superhero ini adalah grup superhero yang paling terkenal di dari DC Comic, namanya Justice League atau dulu dikenal dengan nama Justice League of America. Pertama kali muncul pada tahun 1960 di komik The Brave and The Bold #28.

Mereka adalah sekumpulan superhero kelas atas dari DC yang tergabung secara tidak sengaja saat bertemu dengan musuh besarnya, Darkseid ( New 52 ). Anggota utamanya adalah Aquaman, Batman, the Flash, Green Lantern, the Martian Manhunter, (Di new 52 posisi diganti oleh Cyborg), Superman, dan Wonder Woman.

Sebelum ini muncul, dulu komik superhero sepi peminatnya karena dianggap terlalu mengada-ngada (atau dianggap propaganda amerika) tapi begitu komik ini muncul, Justice League jadi seri komik yang paling laris pada saat itu. Sehingga beberapa tahun kemudian muncul kelompok superhero lainnya yang ikutan sukses.

Legion of Super-Heroes, 1958


Legion of Superhero adalah tim superhero fiksi yang pertama kali muncul di Advanture Comic #247 1958 april yang diciptakan oleh Otto Binder dan Al Plastino. Awal mulanya Legion of Superhero ini adalah terikat kuat dengan komik Superboy ( superman saat masih muda ) dan digambarkan sebagai Time Travel yang sering datang mengunjungi superboy.

Lalu beberapa tahun kemudian setelah terkenal. Mereka mendapat seri komik sendiri dan terlepas dari komik superboy. anggotanya adalah Cosmic Boy, Saturn Girl dan Lightning Lad. Namun karena seringnya di Reboot, Anggotanya sering berubah-ubah.

Justice Society of America, 1940


Ini adalah superhero terlama dan paling tua di jagat fiksi perkomikan marvel dan DC. Mereka adalah Justice Society of America atau sering disingkat JSA saja. Mereka pertama kali muncul pada desember 1940 di All Star Comic #3 membuat sejarah sebagai tim superhero pertama di dunia komik.

Awal mulanya mereka sangat popular dan laris komiknya. Namun di akhir tahun 1940-an popularitas mereka memudar dan komiknya berhenti di issue ke #57. Lalu para anggota dari JSA ini tidak muncul lagi selama 10 tahun. Hingga muncul kembali di komik The Flash ( yang saat itu paling laris ) issue ke #123.

Akhirnya DC memutuskan untuk membangun kembali superhero ini. Namun berada di bumi yang berbeda yaitu “Eerth-Two” (sementara Justice League yang kita kenal ada di Earth-One). Anggota utamanya adalah Flash (Jay Garrick), Green Lantern (Alan Scott), Hawkman, Sandman (Wesley Dodds), Spectre, Dr. Fate, Hourman, Atom (Al Pratt), Johny Thunder, Dr. Mid-Nite, Starman, Wonder Woman (Hippolyta), Mr. Terrific, Wildcat, dan Balck Cannary.

sumber: marvel.com | paling-unik.com/| dccomics.com

2 komentar untuk "12 Kelompok Jagoan Super Marvel dan DC"

  1. mau tanya, apa SHIELD-nya punya Marvel juga bagian dari kelompok superhero?

    BalasHapus

Jika Pembaca memiliki pertanyaan, saran, dan kritik yang membangun silahkan masukkan komentar anda

Banner
Banner
Banner